Apa itu HTML dan CSS

Waduh ada lagi artikel baru nih hehe. Kali ini saya akan membagikan ilmu tentang HTML dan CSS. Pertama tama, HTML itu adalah kode-kode untuk merancang layout atau suatu element di website, atau suatu web page, kepanjangan html adalah HyperText Markup Language ya saya juga kurang paham dari kepanjanganya hehe, tapi yang penting saya tahu fungsinya. Kalo CSS saya mengerti sekali, CSS biasanya digunakan untuk menghias website atau webpage, CSS membutuhkan HTML, dan HTML juga membutuhkan CSS (simbiosis mutualisme hehe ;D), kalo kepanjangan CSS adalah Cascading StyleSheet, kalo ini saya agak paham artinya, ya bisa dibilang kayak sebuah gaya dari kode hehe.... Nah tapi pertanyaanya gimana menggunakanya dan bagaimana cara memasang/menggunakanya di blog?, ya ikuti saja panduan yang saya tulis ini.


Aturan main HTML

Cara mainya itu sangat mudah, yang seperti ini: <a>, itu namanya element, nah element itu harus ada awalanya dan ada akhirnya, tapi ada beberapa element yang tidak membutuhkan akhiran, nah kalo akhiran dari element html itu seperti ini contohnya: </a>, kita tinggal menambahkan "/" sebelum nama dari element. Jadi nanti kira kira jadi seperti ini: "<a>TULISAN</a>". Yang tadi saya berikan adalah element <a> yang berarti link atau tautan, tapi element membutuhkan atribut untuk bisa bekerja, atribut sangat macam-macam, dan banyak sekali atribut yang spesial yang misalnya hanya bisa digunakan dielement tertentu. Contoh element <a> dengan atribut: <a href='http://rangkuman-blog.blogspot.com'>, setahu saya atribut "href" hanya bisa digunakan di element <a> atau link. Aturan main dari atribut adalah menggunakan nama atribut didepan nama element dengan satu spasi lalu setelah nama atribut harus ada tanda"=" dan setelah tanda "=" anda harus menambahkan tanda kutip "'", dan mengisi atribut dengan tulisan tertentu, karena atribut href adalah untuk link, kita bisa mengisinya dengan http://blabalabal.com, lalu jangan lupa memberi tanda kutip diakhiran isi atribut. Kita juga bisa menggunakan beberapa atribut dalam satu element, misal: <a href='http://rangkuman-blog.blogspot.com' title='tutorial blog'>Blog miliku</a>.

Aturan main CSS

CSS juga sangat mudah untuk dimainkan, contoh css adalah: .namaselector {background: #000;}, kalo css agak sedikit sulit, tapi lama-lama pasti ngerti deh. .namaselector adalah nama sebuah selektor yang ada, jadi misalnya kita ingin menghias sebuah element HTML, kita bisa memanggilnya dengan menggunakan selektor ini, contoh: <div class='namaselector'>, nah itu berarti element HTML div memanggil gaya dari css selektor .namaselector. Pusing yah?, emang saya juga wkwk, tapi nggak papa, nanti ngerti kok. CSS ini hanya bisa digunakan di element HTML bernama 'style' dan di atribut html 'style' juga, contoh:

<style>
.namaselektor {background: #ccc;}
</style>

atau

<div style='background: #ccc;'>

Nah itulah contohnya, didalam selektor ada property, property juga sangat banyak sekali, ada color, ada background dan lainya, lalu property juga bisa digunakan banyak sekali didalam selektor, tapi ada aturanya juga, misalnya kita membuat 2 property seperti ini: background: #ccc; color: #000; , ingat diakhir property harus ada tanda ";".

Waduh capek nih, nanti saya akan membagikan ilmu tentang css dan html lagi, tapi yang lebih susah yah wkekekekek. Kalo ada masalah bisa ditulis di kotak komentar dibawah....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mendesain template blog untuk pemula

Cara membuat artikel yang menarik dan benar

Cara membuat halaman atau page di blog